Home » » Salam dari Syekh

Salam dari Syekh


Tiga orang kyai dari sebuah kabupaten di Jawa Tengah saat beribadah haji menyempatkan sowan kepada Syekh Amin bin Abdullah Al-Makki. Beliau adalah satu diantara segelintir ulama Sunny di Arab Saudi.

Setelah lama berbincang Sang Syekh bertanya kepada ketiga ulama itu (dalam bahasa Arab tentunya), "Apakah kalian kenal dengan Syekh Subhan An-Nahwi dari Brebes?" An-Nahwi adalah sebuah gelar yang berarti Ahli Ilmu Nahwu, ilmu tata bahasa Arab. Setelah sejenak berpikir ketiganya menjawan, "Ya, kami mengenalnya."

"Kalau begitu tolong sampaikan salamku kepadanya," pesan Sang Syekh.

Ketika ketiga ulama itu tiba kembali di Indonesia mereka segera mendatangi rumah KH. Subhan Ma'mun di desa Luwungragi, Brebes. Kepada beliau mereka sampaikan titipan salam dari Syekh Amin itu. Lalu salah satu dari mereka bertanya, "Kyai Subhan, apa jenengan pernah bertemu dengan Syekh Amin?"

"Tidak," jawab Kyai Subhan.

"Apa pernah berhubungan sebelumnya?" tanyanya lagi.

"Tidak juga."

"Lalu bagaimana beliau mengenal dan menitipkan salam kepada Panjenengan?" tanya kyai itu heran.

Kyai Subhan tersenyum. Lalu katanya, "Itu mungkin karena aku memiliki kitab yang ditulisnya. Kitab Al-Qowa'id sebanyak 33 jilid. Dan yang pasti, setiap kali aku mempelajari isi kitab itu aku tak pernah lupa membaca Fatihah terlebih dahulu untuknya."

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blog Archive

Popular Posts

Buku Tamu