Home » » Studi Banding

Studi Banding

Seorang laki-laki dikenal oleh masyarakatnya sebagai orang yang meiliki kesalehan sosil yang begitu baik. Siapapun yang mengenalnya dipastikan akan mengakui merasa senang dan tak pernah sedikitpun merasa di atau tersakiti oleh laki-laki itu. Sayangnya, orang-orang juga menyayangkan bahwa hubungan dia dengan Tuhannya tak sebaik pergaulan dia dengan sesama.

Ketika laki-laki itu meninggal dunia dia tidak ditempatkan di surga dan tidak pula ditempatkan di neraka. Sesekali ia berpaling ke neraka. Dilihatnya beberapa otang yang ia kenal dimasukkan ke sana. Ia protes. Mengapa orang yang dahulu di dunia terlihat baik justru dimasukkan Tuhan ke dalam api neraka. Namun setelah dijelaskan oleh malaikat penjaga neraka ia pun bisa memahaminya.

Beberapa lama laki-laki itu memandang ke arah surga. Saat seseorang memasukinya ia bertanya pada penjaga surga. Mengapa orang yang ia kenal buruk di dunia justru dimasukkan ke dalam surga. Namun saat dijelaskan oleh sang malaikat ia bisa menerimanya. Juga ketika orang lain memasuki istana indah itu ia mempertanyakannya. Namun lagi-lagi penjelasan malaikat membuatnya bisa menerima.

Namun kali ini tidak. Ketika serombongan orang yang ia kenal sebagai anggota dewan memasuki surga, laki-laki itu benar-benar tak bisa menerima. Ia protes. Pemahaman malaikat penjaga tak bisa ia terima begitu saja. Terjadilah adu mulut. Hingga akhirnya sang malaikat mengemukakan pernyataan yang membuatnya bisa menerima dan merasa lega. “Tenang, Kawan. Aku memahami bila kau begitu tak terima bila rombongan anggota dewan itu memasuki surga. Tapi satu hal yang mesti kau tahu. Mereka memasuki surga bukan untuk menikmatinya, tapi untuk sekedar studi banding, besok pagi mereka juga akan keluar kembali ke tempat yang semestinya.”


(Syihabudin Latief, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, dalam Orientasi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak – Nikah Rujuk, di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, 15 – 16 September 2013)

1 komentar:

  1. Dimanapun berada emang tugas anggota dewan itu cuma Studi Banding, gak lebih...wkkk

    BalasHapus

Pengikut

Blog Archive

Popular Posts

Buku Tamu