Home » » Dua Kyai

Dua Kyai

Di kalangan warga NU saat itu kedua kyai ini dipandang sebagai ulama yang sangat alim dan sangat kuat memegangi pendapat. Beliau adalah Kyai Wahab Hasbullah dan Kyai Bisyri Syamsuri. Keduanya tinggal di Jawa Timur.
Dalam sebuah diskusi hukum tentang suatu permasalahan agama keduanya terlihat adu argumentasi yang sangat alot. Masing-masing bersikukuh memegangi pendapatnya. Yang terjadi kemudian di luar dugaan peserta diskusi. Keduanya tak saja adu argumentasi tapi juga menggebrak meja.
Semua peserta terdiam. Tak ada yang berani bicara. Hingga kemudian terdengar suara adzan. Semuanya keluar ruangan menuju masjid untuk shalat berjamaah. Peserta diskusi yang tadi di ruang sidang terdiam melihat adu argumentasi kedua kyai alim itu, kini kembali tercengang melihat perilaku keduanya.
Di sumur masjid Kyai Wahab Hasbullah terlihat menimba air. Sesampainya di atas air itu dituangkan untuk wudlu Kyai Bisyri Syamsuri. Lalu bergantian, Kyai Bisyri menimba air untuk wudlunya Kyai Wahab. Hal itu dilakukan keduanya dengan sangat ringan. Seperti tak ada masalah sebelumnya.
Juga saat shalat mau dimulai. Keduanya saling mempersilakan untuk menjadi imam, penuh ketawadlu’an, penuh penghormatan terhadap seorang yang dianggap lebih alim.


(KH. Muzammil, Wakil Rais Syuriah PWNU Jateng, dalam acara Workshop PHBI, Hotel Muria, Semarang, 23 November 2013)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blog Archive

Popular Posts

Buku Tamu