Tentang Kang Yazid


Penulis adalah santri alumni Pondok Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan Surakarta. Lahir di Tegal pada tahun 1976. Setamat Sekolah Dasar pada tahun 1988 ia dikirim orang tuanya ke pesantren tersebut di bawah asuhan KH. Abdul Rozaq Shofawi hingga tamat Madrasah Aliyah tahun 1994.

Sebelum melanjutkan studinya di Fakultas Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta beberapa waktu pria dua anak ini sempat berguru pada KH. Baidlowi Syamsuri di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin, Brabo, Grobogan dan pada KH. Muhammad Marwan di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin, Jragung, Demak.

Setamat kuliah sempat aktif di lembaga sosial Yayasan Muslim Peduli Nusantara Cabang Surakarta yang bergerak di bidang pendidikan dan pengasuhan bagi anak-anak miskin dan yatim dengan mendirikan Rumah Prestasi Al-Hasanain. Profesi guru sempat dilakoninya sejak tahun 1995 hingga akhirnya diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kementerian Agama Kota Tegal tahun 2005.

Di bidang jurnalistik penulis yang kini duduk sebagai Sekretaris Lajnah Jam'iyyatul Qurra wal Huffadh PCNU KOta Tegal dan Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI KOta Tegal ini sempat aktif sebagai wartawan majalah Fadlilah (Jogja), dewan redaksi majalah Al-Muayyad (Solo), dan membimbing para santri di bidang jurnalistik dalam wadah Klinik Sastra. Selama tahun 2008 tulisannya secara rutin dimuat di Majalah Al-Kisah dalam rubrik Kisah Mawaddah (Kisma). Buku pertamanya berjudul Aku Menikah Maka Aku Kaya diterbitkan oleh Inti Medina pada tahun 2010. Sebelumnya pada tahun 2003 bersama Dr. Umar Ibrahim (dosen IAIN Surakarta, penulis buku Thariqah Alawiyah) dan Ahmad Iftah Shidiq, S.Fil.I (Trainer pada PP Lakpesdam NU) menterjemahkan kitab Abjadiyyah Al-Tashawuf Al-Islamy yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai, Solo dengan judul Tasawuf Hitam Putih.

3 komentar:

  1. Salam kenal Gus,, alumni Sirbin toh?? saya juga pernah di Sirbin dan juga di Jragung.. bahkan pernah ngajar di MA Tajul Ulum selama 8 tahun//.. selamat bernulis ria ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun sudah berkenan singgah di gubug ini Kang.. berharap lebih banyak alumni Sirbin dan Jragung yang mau dan mampu menulis

      Hapus

Pengikut

Blog Archive

Popular Posts

Buku Tamu